Lirik Lagu Anyer 10 Maret: Kenangan Manis dari God Bless

Halo Sobat Venus! Selamat datang kembali di artikel review kami kali ini. Kali ini, kami akan membahas sebuah lagu legendaris yang tak lekang oleh waktu, yaitu “Anyer 10 Maret” dari band rock legendaris asal Indonesia, God Bless.

🎵 Lirik Lagu Anyer 10 Maret 🎵

Intro

[Dm7] [Fmaj7] [G6] [Em7] [A9]

Verse 1

[Dm7] Hujan [Fmaj7] bulan De[G6]sember [Em7] [A9] [Dm7] Dermaga [Fmaj7] saksi [G6] bisu [Em7] [A9] [Dm7] Kapal ber[Gm]labuh ten[G6]ang [A9] [Dm7] Menanti [Fmaj7] hadir[G6]mu [Em7] [A9]

Chorus

[Fmaj7] Ribuan [C] kilo[A]meter [G6] kau sentuh [A9] hari ini [Fmaj7] Anyer puncak [C] bagai hati [G6] [A9]

Verse 2

[Dm7] Bom bunuh [Fmaj7] diri di[G6]beranda [Em7] istana [A9] [Dm7] Pertanda [Fmaj7] upacara [G6] selesai [A9]

Chorus

[Fmaj7] Ribuan [C] kilo[A]meter [G6] kau sentuh [A9] hari ini [Fmaj7] Anyer puncak [C] bagai hati [G6] [A9]

Bridge

[Dm7] [G6] [Em7] [Fmaj7] [G6] [Dm7] [G6] [Em7] [Fmaj7] [G6] [Gm] Tiga kunci [Fmaj7] biru [G6] [Em7] Aku berjanji [D] denganmu [E]

Verse 3

[Dm7] Rintik hujan [Fmaj7] menerjang [G6] jalan [Em7] magrib [A9] [Dm7] Senyummu [Fmaj7] membawa [G6] bahagia [A9]

Chorus

[Fmaj7] Ribuan [C] kilo[A]meter [G6] kau sentuh [A9] hari ini [Fmaj7] Anyer puncak [C] bagai hati [G6] [A9]

Lagu “Anyer 10 Maret” ini dirilis pada tahun 1981 sebagai bagian dari album “1977-1980” milik band legendaris, God Bless. Pencipta lagu ini adalah Ahmad Albar, vokalis sekaligus pendiri band tersebut.

Sejarah God Bless

God Bless adalah band rock asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1973. Mereka dikenal sebagai salah satu band paling berpengaruh dalam sejarah musik Indonesia. Keunikan suara vokal Ahmad Albar dan aransemen musik yang mendalam membuat mereka begitu digemari oleh para penggemar musik rock.

Genre Musik God Bless

God Bless mengusung genre musik rock dengan sentuhan progresif. Mereka seringkali menggabungkan unsur-unsur musik etnik Indonesia, seperti gamelan dan angklung, dalam lagu-lagu mereka. Hal ini membuat musik mereka memiliki ciri khas yang khas dan unik.

Makna Lagu “Anyer 10 Maret”

Lagu “Anyer 10 Maret” memiliki makna yang mendalam. Lagu ini merupakan penggambaran tentang tragedi bom di Anyer yang terjadi pada tanggal 10 Maret 1981. Lagu ini menjadi representasi perasaan masyarakat Indonesia pada saat itu, yang berisikasih layaknya Anyer yang penuh luka.

FAQ

1. Apakah God Bless masih aktif?

Tidak, God Bless mengalami beberapa perubahan personel dan sejak saat itu mereka tidak aktif secara reguler.

2. Selain “Anyer 10 Maret”, apakah ada lagu hits lain dari God Bless?

Tentu saja! Beberapa lagu hits mereka yang juga populer di kalangan pecinta rock Indonesia adalah “Huma Diatas Bukit”, “Cermin”, dan “Kehidupan”.

3. Bagaimana karier Ahmad Albar setelah God Bless?

Setelah keluar dari God Bless, Ahmad Albar melanjutkan karier solonya dan berhasil merilis beberapa album solo yang sukses dan terkenal.

4. Apakah God Bless pernah merilis album lain selain “1977-1980”?

Tentu saja! Pasca album “1977-1980”, God Bless merilis beberapa album lainnya, seperti “Semut Hitam” dan “Apakah Aku Kembali”.

5. Bagaimana pengaruh God Bless terhadap musik rock Indonesia?

God Bless menjadi salah satu pionir dalam perkembangan musik rock di Indonesia. Mereka memberikan pengaruh yang besar, khususnya dalam menciptakan lagu-lagu dengan pesan sosial yang kuat.

6. Apakah God Bless masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame Indonesia?

Ya, God Bless masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame Indonesia pada tahun 2007. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam musik rock Indonesia.

7. Bagaimana situasi musik rock Indonesia saat itu?

Saat dirilisnya lagu “Anyer 10 Maret” pada tahun 1981, musik rock Indonesia tengah mengalami masa keemasan. Banyak band rock lokal lainnya yang juga muncul dan mencetak lagu-lagu hits pada saat itu.

Kesimpulan

Setelah mempelajari lebih dalam mengenai lagu “Anyer 10 Maret” dari God Bless, kita dapat merasakan kekuatan dan keindahan lagu ini. Liriknya yang penuh makna dan aransemen musik yang menggugah membuatnya menjadi salah satu lagu paling ikonik dalam sejarah musik Indonesia. Mari terus mengapresiasi karya-karya luar biasa seperti ini!

Jangan lupa juga untuk terus mendukung industri musik Indonesia dengan mendengarkan lagu-lagu dari God Bless dan band rock lainnya. Mari kita jaga keberlanjutan musik dan budaya Indonesia dengan tetap mencintai dan mendukung karya-karya mereka.

Penutup

Terima kasih Sobat Venus atas waktu yang Anda habiskan untuk membaca review kami ini. Semoga artikel ini memberikan wawasan baru tentang lagu “Anyer 10 Maret” dari God Bless. Mari kita terus lestarikan dan apresiasi musik Indonesia. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Disclaimer: Artikel ini dibuat hanya untuk tujuan pendidikan dan hiburan semata. Semua konten memiliki sumber daya berlisensi atau dikutip dengan mengikuti aturan kebijakan penggunaan yang adil.