Lirik Lagu Campursari Lawas

Sobat Venus, sudahkah kamu mendengar lagu-lagu campursari lawas? Jika belum, kamu kehilangan keindahan dan cerita yang tersembunyi dalam lirik-liriknya. Campursari adalah salah satu genre musik tradisional Jawa yang mengombinasikan alat musik modern dengan konsep musik tradisional Jawa. Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa lirik lagu campursari lawas beserta kunci chordnya. Mari kita simak bersama!

1. Ketaman Asmoro

Ketaman Asmoro merupakan salah satu lagu campursari lawas yang dipopulerkan oleh Didi Kempot. Lirik lagu ini mengisahkan tentang kesedihan seorang pria yang kehilangan kekasihnya. Dengan gaya campursari yang khas, lagu ini menghadirkan nuansa Jawa yang begitu kental.

2. Sewu Kuto

Lagu Sewu Kuto juga merupakan karya Didi Kempot yang berhasil mendapatkan tempat di hati pecinta musik campursari. Dalam lirik lagu ini, Didi Kempot menceritakan tentang kerinduan yang mendalam terhadap seseorang yang telah pergi jauh.

3. Kangen Nickerie

Beraliran campursari, lagu Kangen Nickerie diciptakan oleh Manthous. Liriknya mengisahkan kehadiran seorang wanita yang menginggalkan pria yang sangat mencintainya. Suara khas campursari dan irama yang lembut menjadikan lagu ini tak terlupakan.

4. Dudo Manis

Dudo Manis adalah salah satu lagu campursari lawas yang dipopulerkan oleh Sangga Buana. Liriknya bercerita tentang hubungan asmara yang rumit dan penuh liku-liku. Melodi dan aransemen musiknya yang lembut membuat lagu ini sangat menyentuh hati.

5. Tembang Tresno

Beraliran langgam campursari, Tembang Tresno merupakan karya Didi Kempot yang menceritakan tentang cinta yang tak terbalas. Lirik lagu ini menghadirkan nuansa romantis dan menyentuh hati.

6. Gethuk

Siapa yang tak kenal lagu Gethuk? Salah satu lagu campursari legendaris ini menceritakan tentang penderitaan hidup sehari-hari yang harus dihadapi dengan kekuatan dan semangat. Lirik lagu ini sederhana namun menyimpan makna yang dalam.

7. Sutradara Cinta

Sutradara Cinta merupakan salah satu lagu campursari lawas yang dipopulerkan oleh Nurhana. Liriknya berisi tentang sindiran kepada sutradara cinta yang terkadang hanya memanfaatkan perasaan orang lain untuk kesenangan pribadi.

8. Gending Sriwijaya

Merupakan lagu campursari yang mengangkat nuansa kebangsaan, Gending Sriwijaya diciptakan oleh Manthous. Lirik lagu ini membanggakan kebesaran Sriwijaya sebagai salah satu kerajaan besar Indonesia pada masa lalu.

9. Ngidam Pentol

Jika kamu mencari lagu campursari yang menghibur dan ceria, Ngidam Pentol adalah pilihan yang tepat. Lagu ini dipopulerkan oleh Eny Sagita dan memiliki lirik yang menggambarkan keinginan untuk makan pentol yang sangat besar.

10. Terminal Tirtonadi

Terminal Tirtonadi merupakan salah satu lagu campursari lawas yang mengisahkan tentang kerinduan seorang pria terhadap sang kekasih. Lirik lagu ini menyentuh hati dan menghadirkan nostalgia masa lalu.

11. Ojo Lamis

Lagu Ojo Lamis dianggap sebagai salah satu lagu campursari lawas terbaik. Liriknya mengajarkan tentang kebijaksanaan hidup dan menghadirkan pesan moral yang inspiratif.

12. Wong Lanang Lara Atine

Merupakan lagu campursari yang cukup populer, Wong Lanang Lara Atine dibawakan oleh Didi Kempot. Lirik lagu ini mengisahkan tentang kesedihan seorang pria yang hatinya terluka karena cinta.

13. Budal Nyambut Gawe

Budal Nyambut Gawe adalah lagu campursari yang ceria dan menggambarkan kegalauan dalam mencari pekerjaan. Lirik lagu ini mengajarkan untuk terus semangat dalam menghadapi segala tantangan hidup.

14. Iki Weke Sopo

Salah satu lagu campursari lawas yang memiliki lirik yang menggugah emosi adalah Iki Weke Sopo. Lagu ini menceritakan tentang perjuangan dua hati yang saling mencintai namun terhalang oleh keadaan.

15. Kangen Mantan

Mengisahkan kerinduan yang mendalam terhadap mantan kekasih, Kangen Mantan adalah lagu campursari lawas yang dipopulerkan oleh Sangga Buana. Liriknya penuh dengan perasaan sedih dan penyesalan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah mengulas beberapa lirik lagu campursari lawas beserta kunci chord. Dari Ketaman Asmoro hingga Kangen Mantan, setiap lagu memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Mari kita terus merajut kekayaan budaya Indonesia dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu campursari lawas yang masih tetap dikenang hingga saat ini. Selamat menikmati musik, Sobat Venus!

FAQ

1. Apa itu campursari?

Campursari adalah salah satu genre musik tradisional Jawa yang mengombinasikan alat musik modern dengan konsep musik tradisional Jawa.

2. Siapa artis yang populer dalam genre campursari?

Didi Kempot, Manthous, dan Nurhana merupakan beberapa artis yang populer dalam genre campursari.

3. Apa saja lagu campursari lawas yang terkenal?

Beberapa lagu campursari lawas yang terkenal antara lain Ketaman Asmoro, Sewu Kuto, dan Kangen Nickerie.

4. Apa yang membuat lagu campursari lawas begitu spesial?

Lagu campursari lawas memiliki lirik yang dalam dan menghadirkan nuansa Jawa yang begitu kental. Melodi dan aransemen musiknya juga begitu memikat hati.

5. Apa yang membuat campursari berbeda dengan genre musik lainnya?

Campursari memiliki ciri khas Jawa yang melekat pada lirik lagu dan alat musiknya. Genre ini berhasil menggabungkan musik tradisional dengan alat musik modern, menciptakan suasana yang unik dan khas.

6. Bagaimana sejarah campursari?

Sejarah campursari dimulai pada tahun 1970-an, di mana para seniman Jawa berupaya menggabungkan musik tradisional dengan alat musik modern. Campursari kemudian berkembang dan menjadi populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

7. Apa yang membuat lirik lagu campursari lawas begitu mengena?

Lirik lagu campursari lawas mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari, cinta, dan kehidupan bermasyarakat. Liriknya yang sederhana namun penuh makna berhasil menyentuh hati pendengarnya.

Kesimpulan

Seperti halnya genre musik lainnya, campursari juga memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Lirik-lirik lagu campursari lawas mengisahkan tentang kehidupan dan perasaan manusia, serta membawa nuansa Jawa yang khas. Lagu-lagu tersebut tak hanya bernilai seni, tetapi juga mampu mengajak pendengarnya bernostalgia. Jadi, tunggu apa lagi? Mari nikmati keindahan lirik lagu campursari lawas dan biarkan jiwa terhanyut dalam alunan musiknya!