Lirik Lagu Dasar Jodo: Terinspirasi Cinta Dalam Keanggunan Seni

Sobat Venus, Apakah Kamu Sudah Mengenal Lagu Dasar Jodo?

Ketika bicara tentang musik Indonesia yang telah menghiasi setiap penjuru negeri, tak bisa dipungkiri bahwa lagu-lagu daerah mampu menghadirkan kehangatan tersendiri dalam hati pendengarnya. Salah satu lagu daerah yang begitu melekat di hati masyarakat adalah “Dasar Jodo”, sebuah karya dari artis legendaris asal Sumatera Utara, Riza Umami.

🎵 “Dasar Jodo”, Lagu yang Menyentuh Hati dengan Keanggunan Seni 🎵

Dasar Jodo merupakan salah satu karya fenomenal yang diproduksi pada tahun 1982 oleh Riza Umami. Lagu ini terkenal dengan kisah cinta yang dalam dan menghadirkan nada yang menyayat hati. Dengan lirik yang sederhana namun memikat dan kunci chord yang mudah diikuti, Dasar Jodo telah menjadi salah satu lagu wajib yang dinyanyikan pada acara-acara pernikahan dan hajatan di berbagai daerah di Indonesia.

Sejak dirilis pertama kali, lagu dasar jodo telah mendapatkan respon positif dari masyarakat. Bahkan, hingga saat ini lagu ini masih sering kali diputar di berbagai stasiun radio dan platform musik digital.

📖 Lirik Lagu Dasar Jodo dan Kunci Chordnya 🎸

Berikut adalah lirik lengkap dari Lagu Dasar Jodo beserta kunci chordnya:

Lirik:

  A                                    D A
Jang tagal dia didahang gitu, mulai ahu maturangi dia
  F#m            E         F#m      B
Bangso pangkek bangso alaman, lupa kata hati
     D         A       D        A
Lagu pe in lapeh dipakeh dipasangi
  F#m          E          F#m  B
Hati basandiang rangkui rangkui, hati yang rindu

Kunci Chord:

   A      D        F#m        E         B
e|---0----2-----2---------0----2-----|
B|---2----3-----3---------0----4-----|
G|---2----2-----2---------1----4-----|
D|---2----0-----4---------2----4-----|
A|---0-----------4---------2----2-----|
E|--------------2---------0----------|

Dimainkan dengan cara berulang untuk setiap bait dan chorus, kunci-kunci chord di atas akan memberikan sentuhan yang romantis pada setiap penggemar lagu Dasar Jodo.

Sekilas Mengenai Riza Umami, Penyanyi Legendaris Asal Sumatera Utara

Riza Umami adalah seorang penyanyi legendaris yang lahir di Padangsidimpuan, Sumatera Utara, pada tanggal 5 September 1951. Ia dikenal sebagai salah satu artis yang banyak menyuguhkan lagu-lagu daerah dan populer pada era 70-an hingga 90-an.

Sejak kecil, Riza Umami sudah memiliki ketertarikan yang sangat besar dalam bidang musik. Kecintaannya terhadap musik tradisional daerah Sumatera Utara menjadi modal dasar yang membuatnya berkembang menjadi seorang penyanyi dengan kemampuan vokal yang luar biasa.

Genre musik yang ditekuni oleh Riza Umami adalah Melayu, Dangdut, dan lagu-lagu daerah. Dalam setiap penampilannya, ia seringkali menghadirkan kembali lagu-lagu daerah dengan sentuhan modern, yang membuatnya semakin mendapat tempat di hati pecinta musik Indonesia.

🎶 Pengaruh Musik Daerah dalam Lagu “Dasar Jodo” 🎶

Dasar Jodo adalah salah satu lagu daerah yang akan membuatmu terhanyut dalam irama musik Melayu yang khas. Dengan lirik yang menggambarkan kerinduan akan cinta yang telah berlalu, berpadu dengan irama dari alat musik tradisional seperti gitar dan sarunai, lagu ini menghadirkan nuansa keanggunan seni musik dari Sumatera Utara.

Secara musikal, “Dasar Jodo” menggabungkan unsur-unsur musik pop Melayu dan musik daerah dengan melodi yang mudah diingat. Kualitas vokal Riza Umami juga ikut memberikan kekuatan emosional dalam lagu ini, sehingga mampu menyentuh hati pendengarnya.

Sejarah dan Pesan dalam Lagu Dasar Jodo

Riza Umami menceritakan bahwa lagu Dasar Jodo terinspirasi dari kisah kehidupan sehari-hari yang ditemui di pelosok daerah pedesaan. Dalam lagu tersebut, ia ingin menggambarkan perasaan galau dan sakit hati akibat cinta yang berakhir dengan perpisahan.

Dengan lirik yang sederhana namun menyentuh, lagu Dasar Jodo mengajarkan kita untuk terus bersyukur dan berjuang dalam mengarungi cinta. Meski terkadang terbelenggu oleh perasaan sedih, lagu ini mengajarkan pentingnya menjaga hati dan berusaha memilikinya kembali meski dalam cinta yang sama.

FAQ (Frequently Asked Questions) Tentang Lagu “Dasar Jodo”

1. Siapakah yang menciptakan lagu Dasar Jodo?
Riza Umami adalah pencipta lagu Dasar Jodo.

2. Apa kesan yang ingin diberikan Riza Umami melalui lagu ini?
Lagu Dasar Jodo ingin menggambarkan perasaan galau dan sakit hati akibat cinta yang berakhir dengan perpisahan.

3. Apakah lagu Dasar Jodo populer di kalangan masyarakat Sumatera Utara?
Ya, lagu ini sangat populer di kalangan masyarakat Sumatera Utara dan menjadi lagu wajib pada acara-acara pernikahan dan hajatan.

4. Apa genre musik yang ditekuni oleh Riza Umami?
Genre musik yang ditekuni oleh Riza Umami adalah Melayu, Dangdut, dan lagu-lagu daerah.

5. Apakah Riza Umami masih aktif berkarir di dunia musik?
Setelah sekian lama vakum, Riza Umami mulai aktif tampil kembali di berbagai acara musik dan masih terus eksis dalam menghasilkan karya-karya baru.

6. Bagaimana resepsi masyarakat terhadap lagu Dasar Jodo?
Resepsi masyarakat terhadap lagu Dasar Jodo sangat positif. Lagu ini masih sering diputar di stasiun radio dan platform musik digital hingga saat ini.

7. Di mana saya dapat mendengarkan lagu Dasar Jodo secara online?
Anda dapat mendengarkan lagu Dasar Jodo di platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, dan lain sebagainya.

🔚 Kesimpulan: Temukan Makna Mendalam dalam Lagu “Dasar Jodo” 🔚

Mendongengkan makna cinta dalam keindahan lagu daerah, “Dasar Jodo” berhasil menyentuh hati banyak pendengarnya. Kehadiran Riza Umami sebagai pencipta dan penyanyi menjadikan lagu ini semakin dikenal dan dihargai. Meski telah berlalu bertahun-tahun, namun lagu ini tetap mampu menghadirkan nostalgia dan mengajak kita merenung akan pentingnya menjaga hati dan mencintai dengan ikhlas.

Jika Sobat Venus belum pernah mendengarkan lagu Dasar Jodo, segeralah mencarinya dan merasakan pesan yang terkandung di dalamnya. Bergabunglah dalam alunan musik yang begitu memesona dan biarkan lagu ini mengajakmu merenung dalam keindahan cinta yang pernah terjadi.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Dapatkan beragam informasi menarik seputar musik dan budaya hanya di Sobat Venus, salam hangat dan sampai jumpa!

Disclaimer: Artikel ini dibuat untuk tujuan informasi dan hiburan semata. Isi dari artikel ini merupakan opini pribadi penulis dan tidak bermaksud untuk mempromosikan atau mendiskreditkan individu atau lembaga tertentu.